Pages

SELAMAT DATANG

semoga bermanfaat untuk kita semua

Minggu, 10 Oktober 2010

Hemat listrik yuuu…buat bumi kita adeM!!!!!

Pemanasan global yang tak terbendung akibat efek rumah kaca pada bumi,belakangan ini menjadi perhatian para pemerhati lingkungan. Soalnya kalau pemanasan global ini tidak segera di kendalikan,dampaknya bisa sangat buruk untuk kehidupan manusia. Berbagai upaya harus segera di lakukan, diantaranya mencegah penebangan hutan yang tak terkontrol ,mengurangi polusi udara yang dapat menyebabkan efek rumah kaca dan mengurangi pemakain litrik.
Secara tidak langsung,kita bisa mengurangi polusi dengan menghemat penggunaan listrik. Soalnya, pembangkit listrik termasuk unit yang menghailkan polutan salah sattunya CO2 dengan meningkatnya konsentrasi gas CO2 di atmosfer maka, akan semakin banyak gelombang panas yang di pantulkan dari permukaan bumi yang di serap oleh atmosfer. Sekedar mengingatkan , penggunanaan listrik dunia jadi penyumbang terbesar (37%)gas rumah kaca. Karena itu,kita bisa ikut berperan serta untuk mengurangi pemanasan global dengan menghemat pemakaian listrik.
Untuk di ketahui juga, saya pernah membaca artikel , pada tahun 2007 ,Australia menjadi Negara pertama kali secara resmi melarang penggunaan bola lampu pijar tradsional.pegantinya adalah lampu yang lebih hemat 20%. Upaya serupa juga telah di bahas di Negara bagian Kalifornia,AS di tahun yang sama. Badan energy AS,Rocky Mountain institute menghitung bahwa mengganti bola lampu 75watt dengan lampu hemat energy berdaya 20 watt tapi memberikan terang yang sama,di perhitungkan akan menghemat 590 kg gas CO2 sepanjang pemakaian nya.
Rasanya kita tak perlu menunggu lagi untuk ikut berperan serta . pemerintah pun sudah menganjurkan pengurangan pemakaian listrik padapuncak pemakain listrik.ya mungkin dari hal yang paling kecil yaitu tidak memnbuang-buang pamakain listrik mengurangi beban PLN juga, kalu peralatan listrik dipakai seperlunya,menggunakan peralatan elektronik pun jangan yang bisa menimbulkan gas CFC (cloroflourcarbon) dan HFC (Hidroflourcarbon). Semoga dengan partisipasi kecil ini dapat mngerem adanya pemanasan global ,hal ini juga bermanfaat bagi kelangsungan hidup kita. Dan yang paling penting tidak ada lagi pemadaman listrik bergilir. Hehehehe!!!

nb: dari beberapa sumber (intisari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger