Pages

SELAMAT DATANG

semoga bermanfaat untuk kita semua

Senin, 09 November 2009

motivasi

Motivasi adalah seni membuat orang melakukan apa yang Anda inginkan untuk mereka lakukan, karena mereka ingin melakukannya. –Dwight D Eisenhower

Apa sebenarnya motivasi itu? Kata motivasi berasal dari akar kata "motive" atau "motiwum" yang berarti ‘a moving cause’ yang berhubungan dengan ‘inner drive, impulse, intension’. Kata "motive" atau "motif" ini bila berkembang menjadi motivasi, artinya menjadi ’sedang digerakkan atau telah digerakkan oleh sesuatu, dan apa yang menggerakkan itu terwujud dalam tindakan’.

Motivasi adalah faktor yang mendorong orang untuk bertindak dengan cara tertentu. Dengan demikian dapatlah dikatakan bahwa motivasi pada dasarnya adalah kondisi mental yang mendorong dilakukannya suatu tindakan (action atau activities) dan memberikan kekuatan (energy) yang mengarah kepada pencapaian kebutuhan, memberi kepuasan ataupun mengurangi ketidakseimbangan. Oleh karena itu tidak akan ada motivasi, jika tidak dirasakan rangsangan-rangsangan terhadap hal semacam di atas yang akan menumbuhkan motivasi, dan motivasi yang telah tumbuh memang dapat menjadikan motor dan dorongan untuk mencapai tujuan pemenuhan kebutuhan atau pencapaian keseimbangan.

Sayangnya untuk kebanyakan manajer, pekerja yang mereka miliki adalah pekerja yang terpaksa. Dengan demikian, cara selanjutnya yang harus dilakukan adalah menemukan cara untuk mempercepat dorongan di dalam diri mereka menuju kesuksesan. Sebelum mencoba ini, para manajer harus mengetahui berbagai perilaku yang memotivasi mereka.

Bila tujuannya telah diketahui, para manajer dapat (1) memberikan kepada pekerja keterangan yang mereka perlukan untuk melakukan sesuatu pekerjaan yang baik. Ini termasuk tujuan secara keseluruhan dan misi bisnis, pekerja yang perlu dikerjakan oleh Departemen khusus, dan aktivitas kerja tertentu yang mengharuskan berkonsentrasi pada pekerjaan tersebut. Bob Nelson, Wakil Presiden Pusat Penelitian Pengembangan Blanchard dan penulis “1001 Cara Memberikan Imbalan Karyawan”, mengatakan bahwa Komunikasi Yang Terbuka membantu pekerja merasa bahwa mereka berada di dalam keputusan-keputusan penting mengenai bisnis dan membantu mereka untuk memahami prakarsa yang melandasi bisnis tersebut.
Ia menambahkan, informasi itu seharusnya tidak hanya terdapat pada bagian sebelum akhir proyek atau tugas tapi juga terdapat di bagian tengah dan akhir. Dengan kata lain manajer harus (2) memberikan kesempatan umpan balik secara teratur. Seperti Ken Blanchard penulis buku “Manajer Satu Menit”, menekankan, “Pengaruh umpan balik adalah sarapan pagi para juara”.

Mengingat karyawan adalah para ahli pada pekerjaannya, para manajer harus (3) meminta masukan dari karyawan dan melibatkan mereka di dalam keputusan yang mempengaruhi pekerjaan mereka. Suasana komunikasi terbuka dan berbagi komunikasi dua arah lebih memotivasi, jika hal itu menjadi suatu bagian pelengkap dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu perusahaan harus (4) membuat saluran komunikasi yang mudah dipergunakan, sehingga karyawan dapat menggunakannya untuk mengutarakan pertanyaan/kehawatiran mereka dan memperoleh jawaban. Sambungan telepon langsung, kotak saran, forum-forum kelompok kecil, tanya jawab dengan pimpinan dan “politik pintu terbuka” adalah beberapa cara yang dapat mendorong dan membesarkan hati karyawan untuk berbicara terus terang.

Salah satu tujuan terpenting komunikasi terbuka bagi para pimpinan adalah untuk (5) belajar dari para karyawan itu sendiri apa yang memotivasi mereka. Motivator dari dalam diri setiap orang berbeda, serta imbalan atas suatu pekerjaan yang dikerjakan dengan baik harus dibakukan.

Saul Gellerman penulis “Motivating Superior Performance” menambahkan, “Tunjukkan rasa hormatmu terhadap individu dengan menanggapi tanda yang mereka tunjukkan tentang bagaimana mereka ingin diperlakukan dan jenis pekerjaan yang ingin mereka kerjakan.” Para manajer harus (6) mempelajari apa saja kegiatan-kegiatan lain yang pekerja lakukan bila mereka mempunyai waktu luang, dan kemudian menciptakan kesempatan bagi mereka untuk melakukan kegiatan itu secara lebih teratur.

Motivator terbaik adalah bila para manajer (7) memberi selamat secara pribadi kepada karyawan yang melakukan pekerjaan dengan baik. Pemberian selamat ini harus dilakukan khusus dan tepat waktu.. Suatu cara untuk memastikan penghargaan adalah agar para manajer (8) terus menerus memelihara hubungan dengan orang yang mereka bawahi. Bila penghargaan pada karywa tidak dapat dijalankan, para manajer harus (9) menulis Memo secara pribadi kepada mereka tentang hasil kinerja mereka. Karena tulisan tersebut merupakan penghargaan yang nyata, serta dampak atas “perasaan aman” itu berlangsung lama.

Bila manajer (10) menghargai karyawan karena pekerjaan mereka yang baik secara umum. Mereka akan menyatakan bahwa karyawa yang berprestasi mengagumkan telah mendapat perhatian positif dari semua orang. Mengingat kelompok adalah suatu kenyataan yang ada di dalam perusahaan, maka upaya-upaya penghargaan juga harus termasuk di dalamnya dan harus (11) meliputi pertemuan-pertemuan pembentukan moril seperti “merayakan kesuksesan yang dicapai kelompok” dan tidak perlu dibesaar-besarkan cukup dengan memberitahukan kelompok pada waktu yang tepat bahwa mereka telah mengerjakan suatu pekerjaan dengan baik.

Berikut yang diterangkan diatas adalah beberapa cara yang kadang kali di pakai untuk memotivasi karyawan atau bawahan.

peranan media elektronik dalam komunikasi

pada zaman sekarang yang serba maju dan berteknologi canggih,sangatlah penting dirasakan bahwa peranan media elektronik dalam segala hal khususnya dalam komunikasi. Tanpa media sebagai penyalurnya ,komunikasi tak mungkinlah berjalan dengan baik, salah satu media penyalur komunikasi adalah media elektronik. Kita telah mengenal banyak sekali media elektronik, semakin canggih, semakin banyak dan beragam seiring dengan pergantian zaman. Mulai dari media yang satu arah yang dimaksud denga media satu arah adalah media penyalur informasi tanpa perlu adanya feedback dari si penerima atau dengan kata lain tidak terjadinya interaksi saling “mengobrol” antara lain seperti televisi,radio taupun internet, disini ada pengecualian untuk internet karena prkembangan zaman pemakai internet pun dapat berkomunikasi dua arah. Untuk komunikasi dua arah atau lebih ini lebih ditujukan pada “penerima” dan “pengirim”, maksudnya adalah akan terjadi suatu interaksi atau terjadinya feedback antara kedua belah puhak tersebut. Media penyalur dua aarah ini juga banyak antara lain seperti telefon atau handphone. Lebih di tekankan pada handphone, tak bisa di pungkiri lagi alat atau media ini sangatlah penting serta sangat berguna bagi orang-orang zaman sekarang, banyak pula manfaat dari media elektronik ini dalam dunia perkomunikasian. Tapi untuk diingat bahwa semua alat atau media yang di buat oleh tangan manusia pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan serta dampak positif atau negatif karena tidak ada yang sempurna di dunia ini.

Sedikit memaparkan dampak positif dan dampak negatif dari media elektronik yang di gunakan dalam komunikasi antara lain media elektronik handphone. Dampak yang positif yang dirasakan adalah sangat praktis membantu kita dalam berkomunikasi,menyampaikan pesan seperti pesan singkat atau menelepon jika ada kepentingan yang mendesak tidak peduli jarak dan waktu pasti pesan tersebut sampai dengan cepat dengan kata lain sangatlah menghemat waktu dan tenaga. Coba bayangkan kalau pesan tersebut harus kita sampaikan lewat surat,telegrapg atau peger seperti pada zaman dahulu,sangatlah tidak praktis dan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Kita juga dapat mempererat tali persaudaraan dengan banyak berkomunikasi lewat hp. Apalagi pada zaman sekarang yang telah tersedia banyak fitur yang beragam dalam hp, dan aplikasi seperti opera mini yang dapat membantu lebih dalam mencari informasi. Selain dampak positif ,ada pula dampak negatifnya,antara lain dampak negatif dari handphone yaitu membuat kita menjadi boros, boros disini adalah dalam hal finansial, sangatlah wajar kita menjadi boros karena kita harus membeli pulsa untuk bisa bekomunikasi,bukan?!

Yang lainnya juga dapat membuat kita menjadi malas, karena tak bisa di pungkiri terkadang mempunyai alat ini membuat kita bersms ria atau manjadi terlalu sering bertelefon.. tanpa mengerjakan hal yang lain yang mungkin lebih penting. Adapun yang telah disinggung diatas bahwa dalam handphone pun di sediakan aplikasi internet..hal ini pun yang membuat kita lupa waktu.

Sekarang menyinggung sedikit akan dampak positif dan dampak negatif dari media eletronik yang lain yaitu lebih dikhususkan adalah internet karena internet adalah media elektronik yang seringa kali di pakai dalam berkomunikasi baik untuk anak-anak sampai dewasa. Internet telah berkembang pesat dan menjadi media yang paling bermanfaat untuk mengembangkan diri seseorang. Namun, Internet selain memiliki manfaat yang besar untuk menambah wawasan maupun mencari teman, ada juga sisi negatif dari Internet. Beberapa dampak negatif dari Internet memang kadang tersembunyi, namun secara perlahan dan pasti dapat merusak moral dan mental seseorang.Jika bagi orang dewasa, Internet dapat memiliki dampak negatif, apalagi bagi anak-anak dan remaja. Beberapa situs web di Internet yang berisi materi pornografi dapat dengan mudah diakses siapapun dengan bebas. Itu yang menyebabkan pembentukan karakter seorang anak dan remaja bisa ke arah negatif.Selain itu, banyak sekali pemangsa seksual yang siap mencari mangsa yaitu anak-anak dan ABG di Internet. Mereka biasanya mencari mangsa mereka melalu jaringan pertemanan sosial di Internet seperti Facebook, MySpace dan Friendster. Setelah menemukan mangsa mereka, para penjahat Internet ini akan mulai mencoba merayu.

Sedikit paparan diatas tentang beberapa media elektronik yang sering dipakai dalam dunia telekomunikasi. Efektif atau tidaknya suatu media tersebut tergantung pada kita sebagai user, kalau kita menggunakan media tersebut secara tepat dan positif, pasti akan efektif juga gunanya untuk berkomunikasi, jika tidak, akan berkebalikan yaitu ketidakefektifan suatu media.

sekilas tentang struktur organisasi

Pembahasan kali ini lebih menekankan kepada struktur beserta tipe organisasi yang di pakai dalam sebuah organisasi. Penjabaran singkat ini merupakan lanjutan dari tugas yang diberikan dalam mata kuliah TOERI ORGANISASI UMUM.

Organisasi merupakan Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokan.Yang dimaksud dengan pengelompokan disini adalah sesuatu hal yang positif dengan tujuan yang positif pula.

Dalam organisasi ini pula diperlukan tata kerja yang berfungsi sebagai Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien

Saya mempunyai sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang social. Bisa di katakana sebuah organisasi karena di bentuk untuk mencapai suatu tujuan positif dan di dalamnya terdapat sekelompok orang dengan pembagian tugas masing2,tata kerja dan terdapat adanya sebuah manajemen didalamnya . Manajemen ini tidak dapat dipisahkan dalam berjalannya sebuah organisasi.

Organisasi ini kami namakan dengan RUMAH BELAJAR KITA.

Di tujukan untuk membantu pendidikan anak-anak yang kekurangan dalam bidang financial,yang kami rasakan untuk saat ini sangatlah mahal.

Dalam Organisasi RUMAH BELAJAR KITA, kami menawarkan beberapa macam program pengajaran yang kami rasa cukup membantu. Dalam organisasi ini pula dapat dilihat tipe struktur yang di pakai :

Matrix Organization Structure, yakni struktur organisasi gabungan dari Functional dan lini. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang tipe ini :

  • Terdapat pembagian berdasarkan kegiatan yang sedang dijalankan
  • Namun tetap menggunakan SDA dari tiap divisi yang kesemuanya secara bersama-sama menangani semua kegiatan
  • Pemanfaatan SDA-nya efisien karena anggota mempunyai pekerjaan yang tetap walau kegiatan telah selesai
  • Komunikasi dan sharing antar divisi lebih baik dibandingkan dengan tipe fungsional

  • Pembagian SDA harus jelas untuk setiap kegiatannya, jangan sampai terjadi “rebutan SDA”
  • Setiap anggota berkecimpung di setiap kegiatan yang ada, sesuai dengan lingkup masing2.

Mengapa masuk kedalam tipe organisasi tersebut? Menurut saya, karena dalam organisasi ini bias di lihat jelas pembagian kerjanya ada yang sebagai pengajar, bidang administrasi, dan bertindak sebagai manajer sebagai pimpinnya.

Demikianlah penjabaran singkat diatas yang merupakan sebuah pendapat atau pemikiran personal.

Powered By Blogger